PROFILE

SEKOLAH ALAM SEMANGAT BANGSA MENCIPTAKAN ANAK BANGSA DENGAN PRESTASI DUNIA

SEKILAS TENTANG SEMANGAT BANGSA

Ide dasar mendirikan Sekolah Alam Semangat Bangsa Medan pada  tahun 2013 adalah memenuhi kebutuhan orang tua dan masyarakat pendidikan anak usia dini tentang sekolah berbasis “go green” atau cinta terhadap alam.

Bagi orang tua yang keduanya bekerja, program pendidikan ini merupakan alternatif yang baik bagi anaknya untuk mendapatkan ‘pendidikan tambahan’ di luar rumah. Sedangkan bagi keluarga yang memiliki ibu yang tidak bekerja program ini memberikan ‘pengalaman bersekolah’ bagi anaknya.  Program pendidikan sekolah alam ini masih sedikit ditemukan di Medan

Di Taman Kanak-Kanak pelaksanaan program usia 3 tahun diartikan sebagai persiapan bagi anak untuk memasuki jenjang pendidikan berikutnya. Oleh karenanya penekanan kurikulum terletak pada penguasaan pengetahuan akademik dan metode pengajaran dilaksanakan secara outdoor dan indoor

Sebagai alternatif bagi orang tua, Kelompok Bermain menyediakan program pendidikan untuk kelompok usia 1,5-4 tahun yang lebih sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak usia tersebut. Metode pengajaran dilakukan sesuai dengan cara anak belajar secara komprehensif dan sesuai taraf perkembangan anak, yang didasari oleh pengetahuan tentang  bagaimana anak kelompok usia ini  belajar, materi  apa yang sesuai untuk diajarkan dan kapan materi tersebut sebaiknya diajarkan. Sekolah ini diberi nama Sekolah Alam Semangat Bangsa dengan harapan bahwa kelak, anak-anak yang tumbuh dan berkembang bersama di Sekolah Alam Semangat Bangsa akan menjadi anak-anak mencintai alam dan lingkungan, mandiri, ber-etika, berani, dan memiliki daya juang yang tinggi sesuai dengan semangat anak bangsa.

Di Sekolah Alam Semangat Bangsa anak mendapat pengalaman belajar secara individual atau kelompok dimana dipastikan terjadinya interaksi dan kerjasama yang positif antara sesama anak maupun anak dan guru. Program kegiatan dilaksanakan sesuai jadwal yang terencana dan terdiri dari berbagai kegiatan yang menstimulasi semua aspek perkembangan anak. Fokus pengajaran terletak lebih pada proses belajar daripada materi yang dihasilkan dari proses belajar tersebut. Pemahaman konsep-konsep dan ketrampilan dasar yang perlu dikuasai anak usia tersebut diberikan melalu kegiatan aktif dan konkrit yang relevan dan berarti bagi anak. Evaluasi perkembangan anak dan program pendidikan Sekolah Alam Semangat Bangsa  diterapkan secara rutin sehingga penyesuaian pada kurikulum maupun pelaksanaannya dapat dilakukan secara terencana. Selain itu Sekolah Alam Semangat Bangsa  juga menerapkan kriteria lainnya yang dibutuhkan demi terlaksananya sebuah program pendidikan anak dini usia yang berkualitas yaitu kualifikasi guru yang tinggi, perbandingan guru dan anak yang rendah serta fasilitas yang memadai bagi ruang gerak anak dan guru, aman, terencana, dan terawat dengan baik.

 

VISI SEKOLAH ALAM SEMANGAT BANGSA

“Menciptakan sikap anak yang mencintai alam dan lingkungan, mandiri, ber-etika, berani, dan memiliki daya juang yang tinggi”.

 

MISI SEKOLAH ALAM SEMANGAT BANGSA

  1. Memberikan program  Pendidikan Anak Usia  Dini yang berkualitas dan memenuhi standar nasional plus
  2. Membentuk sikap anak yang mencintai alam dan lingkungan
  3. Mengembangkan sikap mandiri melalui sistem pembelajaran kooperatif
  4. Membentuk perilaku anak yang beretika dalam kehidupan sehari – hari
  5. Meningkatkan keberanian anak melalui pembelajaran interaktif
  6. Membentuk sikap anak yang mampu berkompetisi
  7. Menjalin hubunngan dengan orang tua melalui dialog interaktif mengenai hal-hal yang berhubungan dengan Pendidikan Anak Usia Dini.
  8. Menghormati, menghargai dan memberikan pelayanan yang baik pada rekan kerja, para pendiri, para supplier dan masyarakat, peduli dan memberikan sumbangan pada kesejahteraan mereka dan berlaku dengan integritas tinggi sehingga mampu mendapatkan kepercayaan mereka.

 

FILOSOFI Sekolah Alam Semangat Bangsa

Kami percaya bahwa:

  1. Pendidikan Anak Usia Dini sangat menentukan keberhasilan anak sebagai siswa dan juga sebagai orang dewasa di kemudian hari.
  2. Pendidikan Anak Usia Dini  yang berkualitas memberikan sumbangan yang berarti bagi keberhasilan anak di masa mendatang.
  3. Semua anak berhak untuk mendapatkan Pendidikan Anak Usia Dini  yang berkualitas dan bahwa kami mempunyai tanggung jawab untuk memperkenalkannya di masyarakat.
  4. Pendidikan Anak Usia Dini harus mencerminkan masyarakat di mana anak hidup dan memberikan lingkungan dimana anak dapat berkembang sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan minatnya.
  5. Keterlibatan orang tua sangatlah penting bagi perkembangan anak secara keseluruhan.
  6. Guru yang mendapat training yang baik dan terus menerus mempertahankan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini.
  7. Pendidikan Anak Usia Dini berkualitas yang kami berikan adalah unik dan berguna dan bahwa kami dapat mempertahankan kualitas ini dengan memberikan dukungan yang terus menerus terhadap inovasi dan kreatifitas.
facebook twitter
  • Terbaru

  • Terbaru